blog post

Hari ini Kebun Raya Cibodas di Cianjur, Jawa Barat, merayakan ulang tahun ke-165. Khusus hari ini, pengunjung bebas masuk ke kawasan kebun raya tanpa dipungut biaya alias gratis. Tak ayal ini membuat banyak pengunjung dari berbagai tempat berduyun-duyun ke kebun raya yang berdiri pada 1852 ini. Pemberian akses masuk secara gratis ini disebut sebagai kado ulang tahun dari Kebun Raya Cibodas. Tak cuma tiket gratis yang diberikan dalam rangka ulang tahun ini. Kebun Raya Cibodas juga mengadakan pameran dan penanaman 3.525 batang pohon di luar areal kebun raya. Ulang tahun ini juga ditandai dengan peresmian Taman Liana, taman tematik ke-11 yang dimiliki kebun raya ini. Taman Liana ini berada di tengah areal kebun raya dengan luas 1.200 meter persegi dengan koleksi tanaman merambat sebanyak 120 spesimen. 

Kepala BKT Kebun Raya Cibodas Agus Suhatman mengatakan, selain taman liana, kebun raya ini juga berhasil melakukan pencapaian dalam bidang pendidikan lingkungan. Kebun ini sudah membina lebih dari 15.000 orang dan 700 sekolah di Kabupaten Cianjur dan sekitarnya. "Kegiatan ini bertujuan menanamkan pemahaman akan pentingnya konservasi tumbuhan untuk hidup yang lebih baik di masa kini dan masa yang akan datang," tuturnya, di Cibodas

KEBUN RAYA CIBODAS DALAM SEJARAH

Berdirinya Kebun Raya Cibodas ditandai dengan penanaman pohon kina (Cinchona calisaya Wedd) pertama di Indonesia di Pasir Cibodas Sindanglaya Cianjur. Penanaman dilakukan oleh Johannes Ellias Teysmann, seorang hortulanus di Kebun Raya Bogor. Lokasi itu awalnya merupakan areal Kebun Raya Bogor untuk aklimatisasi (penyesuaian iklim) bagi jenis tanaman yang didatangkan dari luar negeri, yang tidak dapat tumbuh dengan baik di Bogor. Kemudian areal aklimatisasi ini dikembangkan jadi kebun botani dengan nama Bergtuin te Tjibodas atau Kebun Pegunungan Cibodas. Kebun raya ini memiliki luas 84,9 hektare, di mana 30 persen lahannya adalah hutan alami. Ilham Surya, seorang peneliti di Kebun Raya Cibodas, mengatakan sejak 1999 barulah kebun raya ini melakukan eksplorasi terhadap kekayaan alam lokal Indonesia, untuk dikembangkan di Kebun Raya Cibodas. Hingga 2017, Kebun Raya Cibodas secara ex-situ sudah mengoleksi 1.851 jenis tanaman dari berbagai belahan dunia. Termasuk di dalamnya 46 spesies tanaman yang terancam punah.

Lokasi :


 Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango Desa Cimacan Kecamatan Cipanas 43253